Mahasiswa Unkhair Gelar MBKM di Kalaodi Disertai Penyerahan Buku Paguyuban BPPW Malut

  • Whatsapp
banner 468x60

TIDORE,MPe- Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Program Studi Sastra Inggris Universitas Khairun Ternate melakukan pengabdian melalui “Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka” di Kelurahan Kalaodi, Kecamatan Tidore Timur.

Pelepasan mahasiswa di Kelurahan Kalaodi dengan tujuan melaksanakan pengabdian dengan menerapkan program yang fokusnya ke kantor lurah, sekolah, dan Literasi.

“Selain tiga program tersebut, ada bantuan buku bacaan anak-anak yang disumbangkan dari Paguyuban BPPW Provinsi Maluku Utara,”kata Koordinator Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Rosdiana Usman saat dikonfirmasi, Senin (15/11/2021).

Rosdiana menjelaskan, sebagian mahasiswa Merdeka yang menggelar kegiatan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka selama dua bulan,”tapi insyah Allah penarikan di tahun 2022 mendatang,”katanya.

Selain program belajar bahasa inggris, kami juga akan berkolaborasi dengan Forum Pelajar, Pemuda Kalaodi bersama-sama mengembangkan program kerja.

Untuk untuk mengodok program kerja secara efektif dan maksimal, terutama kami melakukan observasi di lapangan untuk melihat kekurangan yang ada di Kalaodi, kemudian dilanjutkan dengan penambahan program kerja.

Ditambahkan salah satu mahasiswa dari Sastra Inggris Zulkifli M. Ahmad, Kelurahan Kalaodi yang dipilih sebagai tempat Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, dikarenakan hasil konsultasi dengan ketua Program Studi maupun Dekan Fakultas Ilmu Budaya, dengan tujuan siap menyesuaikan diri dengan masyarakat kedepan.

“Saya melanjutkan penyampaian dari pak Dekan, kita tidak hanya kuliah dan belajar di dalam ruangan, tetapi harus mampu turun dan beradaptasi bersama masyarakat,”ungkapnya.

Mengapa memilih Kalaodi sebagai bentuk kegiatan “Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka” sebab jarak antara Ternate dan Tidore sangat dekat dan mempunyai lokasi yang strategis untuk turun melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

” Jadi tiga program dalam pengembangan program di Kalaodi, yaitu tentang Kelurahan, Sekolah, dan literasi dan masing-masing mencanangkan program tersebut. Mulai besok kami melakukan observasi untuk mensingkronisasikan tentang kegiatan tersebut,”jelasnya.

Misalnya, untuk pengembangan di sekolah, seperti melaksanakan perlombaan dan melakukan kegiatan belajar mengajar, Kelurahan seperti, senam dan saling bergotong royong, dan literasi, direncnakan memberikan les bahasa Inggris kepada anak-anak pelajar di Kelurahan Kalaodi.

Zulkifli mengungkapkan, dalam era perkembangan saat ini, tentunya belajar bahasa Inggris sangat penting untuk saling berbagi dan menerapkan ke anak-anak sekolah.

“Kedepan nanti, dengan bekal bahasa Inggris anak-anak Kalaodi bisa mampu bekerja di luar Maluku Utara, bahkan di luar Negeri sudah berbahasa Inggris secara baik dan benar,”ucap Zulkifli.

Diharapkan dengan adanya Sail Tidore yang di tahun 2022 nanti, salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Kalaodi, maka dari itu kami sudah lancar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.(len)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *