BPBD Halteng Sigap Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem

  • Whatsapp
BPBD Halteng Siaga tanggap (Sigap) bencana alam yang akan terjadi, antisipasi seperti angin kencang kami telah menebang pohon yang dapat membahayakan masyarakat terutama di jalan umum
banner 468x60

WEDA,MPe – Cuaca Extrem yang akan terjadi seperti badai, hujan, angin dan longsor akan terjadi sesuai prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Babullah Ternate, memprediksi 3 hari ke depan empat kabupaten/kota di Maluku Utara masih akan diguyur hujan.

Kaban BPBD Halteng, Rais Musa mengatakan, BPBD antisipasi pada Desember 2021 nanti diprediksi bakal terjadi hujan lebat dan berpotensi banjir seperti Halmahera Timur, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, dan Halmahera Selatan.

Kondisi cuaca untuk 3 hari ke depan sementara masih berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di Pulau Taliabu, Kepulauan Sula, Halmahera Selatan, dan Halmahera Utara,”ungkap Rais Musa ,saat dikonfirmasi wartawan.

Lanjut Rais, sesuai data dari BMKG Babullah Ternate ,hujan bulanan teramati puncak hujan biasanya terjadi di bulan Desember dan April. Ditambah dengan adanya fenomena La Nina intensitas rendah-sedang yang dapat meningkatkan intensitas hujan khususnya di Maluku Utara.

“Perlu diwaspadai untuk bulan Desember dan Januari diperkirakan terjadi peningkatan intensitas hujan sedang-lebat di beberapa wilayah Maluku Utara dan berdampak banjir, longsor, atau bencana hidrometeorologi lainnya seperti di Halteng, Halsel, Halut, dan Haltim,” cetusnya.

Sehingga, dari BPBD Halteng Siaga tanggap (Sigap) bencana alam yang akan terjadi ,antisipasi seperti angin kencang kami telah menebang pohon yang dapat membahayakan masyarakat terutama dijalan umum.

Untuk antisipasi banjir yang akan terjadi kami meminta kepada masyarakat khususnya yang tinggal dibantaran sungai agar tidak buang sampah di sungai.

Untuk masyarakat yang tinggal di bukit yang rawan longsor, agar selalu hati – hati pada saat cuaca hujan lebat,begitu juga kepada masyarakat yang melakukan aktifitas dilaut seperti nelayan dan pengguna transportasi laut agar mematuhi himbauan BMKG dimedia resmi dan pemerintah daerah. (ril)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *